Sasiji Prabu Ningrat - 15007139

Periode wisuda: 02 Juli 2012
Makalah: S1 Teknik Sipil
STUDI KELAYAKAN SECARA EKONOMI PADA PROYEK MONOREL KOTA BANDUNG KORIDOR TRANS CIKAPUNDUNG
Permasalahan transportasi di Indonesia sudah sedemikian parahnya, khususnya di beberapa kota besar yang berpenduduk lebih dari 2 juta jiwa dapat dipastikan memiliki permasalahan transportasi karena besarnya angka pergerakan atau perpindahan. Kota Bandung pun memiliki permasalahan yang sama, kota besar ini telah mengundang banyak pelajar, wisatawan dan laju urbanisasi dari kabupaten kota disekitarnya. Monorel adalah sistem transportasi berbasis rel tunggal dinilai sesuai untuk diterapkan di Kota Bandung di masa yang akan datang dan diharapkan dapat menyediakan kecepatan, kenyamanan, dan keamanan bagi para pengguna moda transportasi. Tujuan dari studi ini adalah menentukan Biaya Operasi Kendaraan dan Biaya Waktu Perjalanan dari kendaraan pribadi saat sebelum dan sesudah adanya monorel, kemudian melakukan perhitungan untuk mendapatkan nilai NPV (Net Present Value), BCR (Benefit Cost Ratio), dan EIRR (Economic Internal Rate of Return) berdasarkan rencana pembangunan monorel Kota Bandung untuk koridor Trans Cikapundung. Nilai Economic Internal Rate of Return Pembangunan koridor Trans Cikapundung pada skenario optimis adalah 9,95 %, sedangkan pada skenario moderat adalah 8,97 % dan pada skenario pesimis adalah 8,70 %. Berdasarkan nilai EIRR yang didapatkan, hal ini memberikan gambaran bahwa pembangunan monorel koridor trans cikapundung ini layak dan memberikan kontribusi yang cukup baik terhadap kinerja sistem transportasi di Kota Bandung.